Sabtu, 21 Februari 2015

Keberadaan permata ruby dan cerita dibalik penambang di gunung

Permata ruby sangatlah indah bila melihatnya dan menjadi perhiasan untuk dipakai keseharian . semua orang mengenali permata ruby yang asli , pecinta permata ruby paham betul dengan keaslian permata ruby tersebut , bila orang awam tidak bisa membedakan mana yang asli dan mana yang bukan asli permata ruby mereka akan mendapatkan kerugian yang sangat besar yang di alaminya . Permata ruby sangatlah mahal bila mecapai terberat, kejernihan, kekerasan permata, warna, dan krat tertentu akan bernilai fantastis . Dibalik keindahan permata ruby tersebut sudah banyak yang dirasakan terhadap penambang permata ruby . Penambang permata ruby membutuhkan dana yang besar untuk menambang dalam waktu yang tertentu dengan dana yang ada .

Peralatan dan Kebutuhan saat menambang sebagai berikut :
1. Mesin pemotong bongkahan batu besar
2. Mesin bor
3. Helikopter
4. Jaket dan celana
5. Sarung tangan
6. Sepatu
7. Tenda
8. Makanan dan air mineral
9. Kompor dan bahan bakar
10. Alat pemisah permata dengan batu dan pasir
11. Mesin kompresor air

Keahlian Penambang sebagai berikut :
1. Pemetaan peta
2. Peramalan keberadaan permata ruby
3. Statistik keberadaan permata ruby
4. Menentukan keberadaan permata ruby
5. Analisa peta - letak/lokasi permata ruby

Menambang permata ruby memang banyak keahlian yang harus dimiliki, harus mempunyai izin resmi dari suatu tempat yang akan ditambang maupun penambang tersebut, mempunyai sertifikasi penambang, penambang harus menimbun galian bila sudah digali dikarenakan penambang lain tidak boleh mengetahui tempat keberadaan permata ruby tersebut bila tidak menimbun kembali hasil galian, penambang tersebut tidak boleh menambang kembali bila hal ini terlewatkan begitu saja . Kepentingan menimbun tempat hasil galian tersebut akibat nya akan ada penambang lain mengetahuinya keberadaan permata ruby yang sudah ditemukan . Keberadaan permata ruby di Gunung , gunung tersebut pernah meletus dan diwilayah gunung tersebut banyak salju yang melapisi bila pada musim dingin . Penambang tersebut menyebutkan di zona merah . Penambang permata ruby selalu mengejar waktu dikarenakan mereka sudah mendapatkan batas waktu yang harus ditepati, dikarenakan bila melebihi waktu yang sudah ditentukan oleh pihak yang berwajib di wilayah tersebut akan mengakibatkan penambang tersebut, dikarenakan didaerah tersebut cuaca yang sangat extreme , terkadang cuaca bisa berubah-ubah . Keberadaan permata ruby harus mempunya analisa terlebih dahulu, analisa permata ruby sebagai berikut :
a. Pencarian terlebih dahulu pasir/tanah diayak 
b. Pencarian Melalui denah peta
c. Menandai tiap sudut untuk menandakan di peta (menandai dengan menumpuk batu bertingkat-tingkat tiap sudut, untuk menandakan bahwa diareh tersebut ada kegiatan menambang)
d. Pengeboran di bongkahan batu (untuk melihat lapisan batu tersebut)

Setelah menganalisa tempat yang sudah di tentukan, untuk selanjut penambangan secara cepat karena waktu yang terbatas dan perbekalan di gunung tidak banyak. Pentingnya menganalisa terlebih dahulu untuk menambang lebih banyak hasil yang didapat dan proses menambang lebih efisien . Demam perburuan permata ruby anatar perorangan didalam kelompok / team mengakibatkan perpecahan antara mereka bila salah satu orang melakukan kesalahan atas tindakan salah menambang , dikarenakan memisahkan / memilah permata ruby dengan bongkahan batu, bongkahan batu tersebut didalamnya ada permata ruby yang besar , kira-kira sebesar 2 jari panjang nya, dan seorang penambang terburu-buru memecahkan batu / memotong batu dengan alur yang salah . Setelah mengalami kesalahan tersebut mereka merasa menyesal dan berfikir sejenak untuk mengambil kegiatan selanjutnya waktu yang mepet dalam penambangan dan munculah teman mereka yang baik hati untuk menolong mereka dalam persediaan makanan, teman tersebut membawa daging rusa untuk kebutuhan waktu yang terbatas, setelah mengkonsumsi daging rusa kembali penambang tersebut melanjutkan kegiatan menambang .
Sisa waktu cuma 1 satu hari , mereka mempercepat kinerja mereka, dan akhirnya team dibagi 4, satu team mempunyai 2 dua orang menandai sudut penambangan dengan menumpuk batu betingkat untuk menandakan bahwa sedang ada penambangan diwilayah tersebut kunanya orang lain tidak melintas diwilah tersebut, team kedua mempunyai dua orang untuk menambang permata ruby dan menghasilkan permata ruby kira-kira 3 jari tangan dewasa, team ketiga mempunyai satu orang untuk memantau, menganalisa keberadaan permata ruby berada melalui skema peta yang sudah dibuat dengan teamnya, memberikan arahan terhadap rekan yang lain, mencatat hasil kinerja rekan dalam team nya, menandai keberadaan permata ruby untuk menentukan hasil permata ruby yang banyak dan permata ruby yang besar, team ke - empat mengayak pasir/batu diwilayah aliran air dan mendapatkan hasil permata ruby yang kecil untuk perhiasan wanita. Diwaktu terakhir penambangan rekan yang membawa daging rusa tersebut menyesal membawa daging rusa dengan mendaki gunung untuk rekan penambang di zona merah tersebut, rekan tersebut marah - marah dengan rekan penambang tersebut , niat baik malah dilakukan seperti ini , orang tersebut hanya disuruh untuk menandai wilayah penambangan, dia menginginkan menambang permata ruby tetapi waktu sudah memepet dan waktunya pulang . team mempersiapkan peralatan dan berkemas untuk pulang .

Tidak ada komentar: