Jumat, 01 Agustus 2014

Solusi Mengurangi Kemacetan Saat Bermudik

   Setiap tahun masyarakat indonesia yang memeluk agama islam mempunyai tradisi untuk berlibur ke kampung halamannya dan merayakan kemenangan setelah melaksanakan kewajiban bagi umat islam untuk berpuasa pada bulan suci ramadhan . Peningkatan jumlah pengguna kendaraan bermotor mulai dari kendaraan bermotor roda dua (sepeda motor) , kendaraan bermotor roda empat (mobil), bus , kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang . Total jumlah penduduk masyarakat indonesia 253.609.643 , sebagian besar penduduk masyarakat indonesia bermudik kekampung halaman . Sehingga pengingkatan pengguna kendaraan bermotor beroda dua (sepeda motor) dan kendaraan bermotor beroda empat (mobil) mengalami kemacetan yang sangat parah dijalan raya . Jumlah pengguna kendaraan bermotor meningkat setiap tahunnya dan kurangnya peningkatan dalam pembangunan jalan raya untuk membangun jumlah arus jalan raya . Sehingga kendaraan bermotor makin banyak, kurangnya arus jalan raya . Pentingnya pelebaran jalan raya untuk mempermudah kendaraan yang memakai jalan raya tidak merasakan kemacetan yang berlama - lama dijalan raya . 

    Kerugian yang dialami oleh pengendara bermotor saat kemacetan dijalan raya sbb:
  1. Waktu tempuh
  2. fisik menurun
  3. kesehatan berkurang
  4. moral 
  5. penggunaan bahan bakar berlebihan 

   Solusi untuk mengurangi kemacetan saat bermudik sbb:
  1. Menggunakan moda transportasi masal 
    Moda transportasi masal yang dimaksud disini transportasi yang mengangkut penumpang banyak . Indonesia mempunyai transportasi yang terdiri dari transportasi udara (pesawat) , transportasi darat (kereta api & bus ) transportasi laut (kapal laut) . Pentingnya kemajuan moda transportasi untuk kepentingan masyarat memudahkan melakukan berpegian dalam jarak jauh dan maupun jarak dekat untuk mempersingkat waktu tempuh . Masyarakat indonesia mempunyai penghasilan keuangan yang beragam . 

     2. Peningkatan jumlah unit moda transportasi darat (kereta api dan bus)

    Moda transportasi darat (kereta api dan bus) ditambahkan setiap unit sangat baik dalam mengurangi kemacetan dijalan raya . Secara logika bila ditambahkan unit transportasi darat (kereta api dan bus) sangat berpengaruh untuk pengalihan peminat pengguna kendaraan bermotor saat bermudik berlih ke kereta api dan bus Tambahkan unit gerbong kereta khusus penumpang dan tambahkan unit bus untuk mengangkut jumlah penumpang . Kereta api sangat berperan penting dalam mengurangi kemacetan dijalan raya . Kerata api harus memerlukan jalur minimal 4 rel kereta api antar provinsi untuk mempermudah pengangkutan penumpang dan mempercepat jarak tempuh ketempat tujuan . 

    Manfaat penambahan unit gerbong kereta api khusus penumpang dan penambahan rel kereta api sbb:

  • Mengurangi jumlah pemudik menggunakan kendaraan bermotor (sepeda motor dan mobil)
  • Mengurangi kemacetan dijalan raya 
  • Mengurangi penggunaan bahan bakar kendaraan beromotor (sepeda motor dan mobil)
  • Mengurangi folusi udara kendaraan bermotor (sepeda motor dan mobil)
  • Mempercepat waktu jarak tempuh dari suatu tempat ke tempat tujuan

    Pentingnya mengatur tarif transportasi saat bermudik . Tarif transportasi sangat sensitif bila terjadi kenaikan saat menjelang mudik . jangan pernah memanfaatkan situasi bila ingin transportasi yang ingin maju . sungguh ironis bila terjadinya kenaikan tarif transportasi , dampaknya memang terasa terhadap masyarakat indonesia yang ingin menggunakan jasa transportasi, masyarakat melakukan sikap yang sepihak untuk kepentingan sendiri untuk mencapai tempat tujuan . Peminat menggunakan jasa transportasi meningkat setiap tahunnya tetapi penyedia jasa transportasi tidak bisa mewujudkan konsumen atau pengguna jasa transportasi. Pengguna jasa transportasi yang tidak mendapatkan tiket untuk menuju tempat tujuan beralih ke menggunakan kendaraan bermotor (mobil dan sepeda motor). Permintaan lebih banyak dari penyedia jasa transportasi yang terjadi yaitu terjadi tidak keseimbangan penggunaan jasa transportasi . 


    3. Pentingnya penambahan jalur jalan raya dan pelebaran jalan raya . 

     Jalan raya sangat penting untuk kendaraan bermotor dan pentingnya juga untuk perubahan pembangunan perekonomian di setiap daerah, dikarenakan perekonomian suatu daerah tergantung dengan transportasi yang mempercepatnya pembangunan perekonomian, transportasi sangat penting untuk perpindahan barang mentah maupun barang jadi siap untuk dipasarkan kesetiap daerah . transportasi bila tidak bisa sampai tujuan dengan tepat waktu maka akan mendapatkan kerugian yang ditimbulkan . transportasi mengangkut konsumen atau manusia untuk mempermudah pertumbuhan jumlah penduduk yang baik dan membangun daerah menjadi kota besar dikarenakan mengatur perekonomian dan pertumbuhan tata daerah atau kota yang baik .


    4. Pentingnya tata daerah kota (menata pembangunan )

   Pentingnya tata daerah kota, tata kota yaitu menata sebuah perencanaan suatu bangunan disuatu tempat untuk menata dengan terencana hingga sampai waktu yang lama puluhan tahun sampai ratusan tahun ,merencanakan konsep pembangunan yang lebih maju dan berkembang setiap tahunnya . Setiap tata daerah kota mempunyai konsep terencana hingga saling berhubungan terhadap moda transportasi disetiap daerah , kota, provinsi dan tata ruang pulau  dan pembangunan pusat pemerintahan, perusahaan, perumahan, gedung, dan lain - lain . Pembangunan pusat pasar harus mempunyai jalur yang menyeluruh kesetiap daerah kota hingga provinsi sampai ke pulau untuk meningkatkan pendapatan masyarakat indonesia . 

Tidak ada komentar: